Jumat, 01 Mei 2015

Potensi Industri Game di Kancah Nasional


Salah satu Video Games bergenre Racing
Game dalam hal ini Video Games sudah tidak bisa lagi hanya dipandang sebagai sebuah permainan biasa. Karena jika dilihat dari sudut pandang industri, industri video game saat ini jauh lebih besar dibanding industri musik dan film. Perkembangan industri game di dunia telah menciptakan potensi bisnis dengan nilai yang cukup luar biasa, hingga triliunan rupiah, termasuk di Indonesia.

AGI, sebagai wadah bagi industri game nasional

Meski di Indonesia industri ini terhitung baru namun perkembangannya sangat pesat dan menjanjikan. Saat ini, di Indonesia terdapat lebih dari 400 developer dengan lebih dari seribu game yang dilahirkan. Bahkan di tahun 2013 industri game Indonesia membentuk wadah yang bertujuan untuk mempersatukan seluruh perusahaan yang bergerak di bidang game di Indonesia baik itu Developer, Publisher, Animasi, Hardware, Payment dan berbagai pihak pendukung. Wadah tersebut bernama Asosiasi Game Indonesia (AGI). Dari sisi konsumen, gamer di Indonesia telah mencapai sekitar 40 juta orang hingga akhir 2013. Hal ini membuat nilai bisnis industri ini tumbuh pesat.

“Bisnis game online di dalam negeri masih besar, disebabkan ekonomi Indonesia yang tumbuh di atas 6% dari tahun ke tahun. Besarnya potensi pasar tersebut memberikan dukungan kepada Megaxus untuk tetap eksis, (Bahkan) jumlah pemain game online Indonesia meningkat antara 5% hingga 10% setiap tahunnya, terutama karena semakin pesatnya infrastruktur internet,” kata Eva Mulawati, Managing Director salah satu developer game online di Indonesia.

Warnet penyedia layannan Game
Masuknya game online ke Indonesia sendiri baru terjadi pada tahun 2001 dengan masuknya Nexia Online. Sejak saat itu, berbagai game dari masing-masing genre seperti action, sports, hingga RPG (Role-Playing Game) terus bermunculan.

Akibatnya, tidak bisa dipungkiri bahwa game telah menjadi gaya hidup tersendiri. Mulai dari game di Facebook, game offline (PC, PlayStation, mobile), serta game online (PC dan mobile) kerap dimainkan oleh masyarakat Indonesia. Komunitas-komunitas berbasis game pun bermunculan. Alhasil, industri game pun jadi kian kompetitif.

Salah satu faktor mengapa industri game berkembang pesat karena masyarakat saat ini menempatkan Gaming sebagai pilihan entertaiment terbaik diatas film, musik dan lainnya. Sebagai sebuah pilihan entertaiment game memang memiliki pasar yang sangat luas, dari anak-anak, remaja, dewasa sampai orang tua.

Selain itu sudah ada beberapa developer Indonesia yang saat ini bisa dibilang cukup sukses dan terkenal seperti Toge Production, Touchten, Nightspade, TinkerGame , Agate Studio, Altermyth, Solite Studio dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan kemajuan industri game di tanah air ini, pihak pemerintah merespon dengan baik perkembangan ini. Bahkan saking menariknya Industri ini beberapa universitas pun membuka jurusan khusus gaming atau yang berhubungan dengan game. setidaknya ada 5 kampus yang membuka jurusan game, diantaranya ITB, Binus, UMN, ITS, dan PENS.

Dengan kemajuan yang ada dalam dunia game dalam hal ini video game, sudah sepatutnya kita tidak menempatkan video game sebagai permainan anak-anak lagi. Dengan fakta yang ada, kita tentunya tahu bahwa video game tidak melulu soal bermain, namun kita juga bisa terlibat lebih di dalamnya. Baik menjadi seorang Developer, Publisher, atau Animator game itu sendiri.

Link Sumber:
Unknown Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar